Selasa, 03 September 2019

Tanda Pangkat TNI AL Beserta Maknanya

Pangkat TNI Angkatan Laut (AL)

Pada tanda pangkat TNI AL memiliki jenjang kepangkatan yang terdiri dari tiga tingkatan.
TNI AL dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL). Armada Angkatan Laut sebagai kekuatan utama pasukan laut Indonesia memiliki dua armada terpisah. AL berada dalam satu komando lintas laut militer atau Kolinlamil. Berikut ini urutan kepangkatan atau tingkatan pangkat TNI AL.

Pangkat Kehormatan
Pangkat kehormatan TNI angkatan laut berupa pangkat laksamana besar dengan tanda bintang lima.

Perwira Tinggi
Terdapat empat tingkatan pangkat TNI AL perwira tinggi. Yang tertinggi adalah laksamana (laks.) yang merupakan sistem pangkat tertinggi TNI AL dengan tanda 4 bintang. Setelahnya ada pangkat laksamana madya (laksdya) dengan tanda 3 bintang, laksamana muda (laksda) dengan tanda 2 bintang serta laksamana pertama (laksma) dengan tanda 1 bintang.

Perwira Menengah
Terdapat 3 tingkatan pangkat TNI AL perwira menengah. Yang tertinggi adalah kolonel (kol.) dengan tanda 3 simbol. Setelahnya ada pangkat letnan kolonel (letkol) dengan tanda 2 simbol serta mayor (may.) dengan tanda 1 simbol.

Perwira Pertama
Terdapat tiga tingkatan pangkat TNI AL perwira pertama, yang tertinggi adalah kapten (kapt.) dengan tanda 3 garis. Setelahnya ada pangkat letnan satu (lettu) dengan tanda 2 garis serta letnan dua (letda) dengan tanda 1 garis.

Pangkat TNI Angkatan Laut (AL)

Bintara Tinggi
Terdapat dua nama-nama pangkat TNI AL bintara tinggi yakni pembantu letnan satu (peltu) dengan tanda 2 garis bergelombang serta pembantu letnan dua (pelda) dengan tanda 1 garis bergelombang.

Bintara
Terdapat empat nama-nama pangkat TNI AL bintara yakni sersan mayor (serma) dengan tanda 4 garis panah, sersan kepala (serka) dengan tanda 3 garis panah, sersan satu (sertu) dengan tanda 2 garis panah serta sersan dua (serda) dengan tanda 1 garis panah.

Tamtama Kepala
Terdapat tiga jabatan TNI AL tamtama kepala yakni kopral kepala (kopka) dengan tanda 3 garis panah biru, kopral satu (koptu) dengan tanda 2 garis panah biru serta kopral dua (kopda) dengan tanda 1 garis panah biru.

Tamtama
Terdapat tiga jabatan TNI AL tamtama yakni kelasi kepala (KLK) dengan tanda 3 garis biru, kelasi satu (KLS) dengan tanda 2 garis biru serta kelasi dua (KLD) dengan tanda 1 garis biru.


Sumber : https://hot.liputan6.com/read/4032552/ini-tanggapan-guru-pesantren-soal-enzo-allie-yang-diduga-terpapar-radikalisme

 

0 komentar:

Posting Komentar